Kamis, 09 Januari 2014

Tugas Ke-4 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer



Nama                          : HENDRICKSON 
NPM                           : 13410221
Kelas (konsentrasi)   : 4IB02A

Tugas Ke-4 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer 


HUBUNGAN ANTARA CPU DENGAN MAIN MEMORY DAN ALAT-ALAT INPUT/ OUTPUT 
Hubungan antara CPU dengan main memory ataupun dengan alat-alat input atau  output dilakukan dengan suatu jalur yang di sebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus yang dilekatkan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung ke alat-alat input/output tersebut, tapi dapat melalui suatu alat port atau DMA controller atau channel.
A. Bus
    Bus disebut juga dengan pathway merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi inormasi antara dua atau lebih alat-alat dalam system computer. Bus yang menghubungkan antara CPU dengan memory disebut dengan internal bus. Sedangkan bus yang menghubungkan antara CPU dengan alat-alat input/ output disebut dengan eksternal bus.
Berikut adalah Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus, yaitu:

  •  Memory data register (Data bus), adalah bus yang digunakan untuk  jalur transportasi data dan instruksi.
  •  Memory Address register (Address bus), adalah bus yang digunakan untuk  jalur transportasi alamat di main memory untuk data atau instruksi yang akan di ambil atau direkamkan.
  • Control unit di CPU (Control bus), adalah bus yang digunakan untuk mengirimkan sinyal/ sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat kealat yang lainnya.



B. Input/ Output Port
Alat-alat input/ output tidak dilekatkan langsung dengan bus tetapi melalui suatu I/O port I/O interface. Alat-alat input/ output dapat berkomunikasi dengan CPU dengan cara mengirimkan informasi yang akan dikomunikasikan lewat bus. Informasi yang dikirim dari alt input/ output (Peripherol Device) ke main memory atau ke register di CPU diletakkan di I/O port dan dikirimkan lewat data bus.
     Bila informasi dari main memory akan dikirimkan ke peripheral device melalui data bus, dan diterima di I/O port disebut juga program-controlled I/O. Jika satu blok data yang besar (beberapa word sekaligus) dibutuhkan untuk dikirimkan dari atau peripheral device, cara lain yang harus digunakan yaitu Direct Memory Access (DMA).
a. DMA Controller
Untuk peripheral device yang mempunyai kecepatan tinggi, tidaklah ekonomis untuk pengiriman informasi byte per byte atau word pear word, dan akan lebih ekonomis bila pengiriman informasi dilakikan sekaligus per blok informasi.
DMA (Direct Memory Access) merupakan suatu konsep yang akan membuat komunikasi informasi antara peripheral device dengan main memory akan lebih efisien. Cara DMA ini dilakukan dengan melekatkan BUS pada DMA Controller yang dihubungkan dengan peripheral device.
Cara DMA ini biasanya digunakan untuk peripheral device yang mempunyai kecepatan tinggi yang membutuhkan pengiriman blok data yang besar, seperti misalnya Hard Disk Drive. 

b. LAN (Local Area Network)
Local Area Network (LAN), adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti: jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b atau biasa disebut Wi-fi  juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

c. Portal Web
            Kadangkala disebut dengan portal atau portal internet (internet portal). Di dalam dunia internet istilah ini dimaksudkan untuk website yang menyediakan beraneka ragam informasi untuk para pengunjungnya. Salah satu contohnya adalah layanan yang disediakan oleh American Online, yang beralamat di http://www.aol.com/, dimana di situs ini tersedia beraneka ragam informasi, seperti: belanja secara online (e-Commerce), breaking news, dll. Sedangkan salah satu portal dari Indonesia adalah Detik Com (http://www.detik.com) yang disebut dengan portal berita dan dikelola oleh Agrakom.
            Pengertian dari portal web adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW. Sebuah portal web pastinya akan menampilkan informasi yang terkolaborasi dengan desain dan beragam tampilan. Oleh karena itu, tampilan sebuah web portal akan lebih konsisten di halaman-halamannya, dan juga memiliki struktur kontrol dan prosedur untuk berbagai aplikasi web. Lalu, mengapa web portal itu dapat dikatakan penting? Hal ini karena sebuah perusahaan atau individu, biasanya memiliki berbagai macam informasi yang ingin ditampilkan dalam sebuah tempat yang terintegrasi.
    Berikut ini merupakan keuntungan penggunaan web portal dibandingkan halaman website biasa yang terpisah-pisah :

  • Adanya integrasi aplikasi dan pengaksesan ke isi portal maupun aplikasi sesuai dengan kewenangan pengunjung.
  • Komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik.
  • Data yang diakses akan menjadi satu kesatuan dan aksesnya real time.
  • Lebih mudah memodifikasi isi dan melakukan maintenance portal.

Sebuah portal memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut :

  • Memiliki tampilan look dan feel yang seragam.
  • Adanya header dan footer, dan tampilan header dan footer tersebut umumnya seragam di seluruh halaman yang ada di portal. Ada juga skema warna, ikon, logo, dan sebagainya yang memberikan kesan dan tampilan yang seragam dan sama.
  • Adanya blok-blok yang menampilkan informasi dalam bagian-bagian tertentu di halaman, atau dengan kata lain menggunakan layout yang baik.
  • Kotak-kotak blok tersebut diletakkan dalam tampilan yang saling berkaitan antarawaktudaneksistensinya.

Saat ini sudah sangat banyak website-website yang berbasiskan web portal, seperti kompas.com, okezone.com, vivanews.com, cnn.com, dan lain sebagainya.

d. TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol)
Transmission control protocol/ internet protocol adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
            Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

e. Bandwitch
            Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/ upload+download ke account anda. Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.
            Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel. Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

f. Bit atau Byte
Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.
Ketika kita menggunakan internet sering sekali kita menjumpai singkatan seperti kbps dan kBps sebagai satuan kecepatan download dan upload. Sekilas emang tidak terlihat perbedaannya tetapi ketika dicermati ternyata ada yang menggunakan “b” dan ada yang menggunakan “B”. Ternyata setelah saya search digoogle, yang saya temukan adalah: kbps: kilo bits persecond, sedangkan kBp:  kilo bytes per second
Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Sedangkan byte adalah sebuah kumpulan bit. 1 byte = 8 bits. Jadi kalo 1 bit memiliki 2 nilai yang berbeda (nol dan satu), maka untuk 1 byte memiliki 256 nilai yang berbeda (28 nilai, 0–255).



Kamis, 21 November 2013

Tugas Ke-3 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer



Nama                          : HENDRICKSON
NPM                           : 13410221
Kelas (konsentrasi)    : 4IB02A

Tugas Ke-3 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer
Karakteristik  Instruksi
Instruksi mesin (machine intruction)  yang dieksekusi untuk membentuk suatu operasi dan berbagai macam fungsi  CPU. Kumpulan fungsi dapat dieksekusi CPU  disebut set instruksi (intruction set) CPU.
Mempelajari karakteristik  instruksi mesin, meliputi :
1. Elemen-elemen instruksi mesin
2. Representasi instruksinya
3. Jenis-jenis instruksi
4. Penggunaan alamat
5. Rancangan set instruksi

1.      Elemen-elemen instruksi mesin

a.       Operation code (Op code) : menspesifikasi operasi yang akan dilakukan. Kode operasi berbentuk kode biner.  
b.      Source operand reference : operasi dapat berasal dari lebih dari satu sumber. Operand adalah input operasi.
c.       Result operand reference :  merupakan hasil atau keluaran operasi.
d.      Next instruction reference : elemen ini menginformasikan CPU posisi instruksi berikutnya yang harus diambil dan dieksekusi.

2.      Representasi instruksinya
  1. Instruksi komputer direpresentasikan oleh sekumpulan bit. 
  2. Field-field ini diisi oleh elemen-elemen instruksi yang membawa informasi bagi operasi CPU.
  3. Layout instruksi dikenal dengan format instruksi.

3. Jenis-jenis instruksi
Contoh suatu ekspresi bilangan :
X = X + Y
X dan Y berkorespondensi dengan lokasi 210 dan 211.
Pernyataan dalam bahasa tingkat tinggi tersebut menginstruksikan komputer untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Muatkan sebuah register  dengan lokasi memori 210.
  2. Tambahkan isi lokasi memori 211 ke register.
  3. Simpan isi register ke lokasi memori 210.

4. Penggunaan alamat
  1. Jumlah register atau alamat yang digunakan dalam operasi CPU tergantung dari format masing-masing CPU.
  2. Ada format operasi yang menggunakan 3,2,1 dan o register.
  3. Umumnya yang digunakan ada2 register dalam suatu operasi. Desain CPU saat ini telah menggunakan 3 alamat dalam suatu operasi, terutama dalam MIPS (Million Instruction Per Secon).

5. Rancangan set instruksi
  1. Aspek paling menarik dalam arsitektur komputer adalah perancangan set instruksi,karena rancangan ini berpengaruh banyak pada aspek lainya.
  2. Set instruksi menentukan banyak fungsi yang harus dilakukan CPU.
  3. Set instruksi merupakan alat dalam sebuah program untuk mengontrol kerja CPU.
  4. Pertimbangan : kebutuhan pemrogram menjadi bahan pertimbangan dalam merancang sebuah set intruksi.


METODE PENGALAMATAN
            Mengatasi keterbatasan format instruksi dapat merefrensi lokasi memori yang besar. Mode pengalamatan yang mampu menangani keterbatasan  tersebut. Masing – masing prosesor menggunakan mode pengalamatan yang berbeda – beda. Memiliki pertimbangan dalam kegunaanya. Ada beberapa teknik pengalamatan, antaralain :
  1. Immediante  addressing
  2. Direct  addressing
  3. Indirect addressing
  4. Register addressing
  5. Register Indirect addressing
  6. Displacement addressing
  7. Stack addressing   
 

 Mode pengalamatan pentium
            Pentium dilengkapi bermacam – macam mode pengalamatan untuk memudahkan bahasa-bahasa tingkat tinggi, mengeksekusinya secara efisien.


Mode pengalamatan pentium
a.       Mode immediate
            1. Operand berada di dalam instruksi
            2. Operand dapat berupa data byte, word maupun doubleword.
b.      Mode operand  register, operand adalah isi register.


Beberapa macam  jenis – jenis register :
  1. Register 8 bit (AH, BH, CH, DH, AL, BL,      CL, DL)
  2. Register 16 bit (AX, BX, CX, DX, SI, DI, SP, BP)
  3. Register 32 bit (EAX, EBX, ECX, EDX, ESI, EDI, ESP, EBP)
  4. Register 64 bit (yang dibentuk dari register 32 secara berpasangan)
  5. Register 8, 16, dan 32 bit (GENERAL PURPOSE REGISTER)
  6. Register 64 (DIGUNAKAN UNTUK OPERASI FLOATING POINT)
  7. Register segment (CS,  DS, ES,  SS, FS, GS) 


Referensi :  



Sabtu, 05 Oktober 2013

Tugas Ke-2 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer



Nama                          : HENDRICKSON 
NPM                           : 13410221
Kelas (konsentrasi)    : 4IB02A

Tugas Ke-2 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer 
Organisasi & Arsitektur Komputer 
A. Definisi Organisasi Komputer
Organisasi komputer berhubungan dengan interkoneksi dan unit-unit opesasionalnya yang diwujudkan dengan kebutuhan bagi si penggunanya.
Misal : control signal, interface, memory technology. 

B. Definisi Arsitektur Komputer 
Menurut William Stalling, arsitektur komputer berhubungan dengan perintah-perintah yang mempunyai dampak langsung didalam sebuah eksekusi dalam sebuah program yang akan dijalankan. 
Misal: set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk menampilkan data, kemampuan I/O, teknik pengalamatan (addressing techniques).

Jumat, 04 Oktober 2013

Tugas Ke-1 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer



Nama                          : HENDRICKSON
NPM                           : 13410221
Kelas (konsentrasi)   : 4IB02A

Tugas Ke-1 Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer
Etika Menulis di Internet

Apa yang dimaksud dengan etika? Ketika ditelusuri kata etika itu berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Ethikos yang berarti sesuatu yang timbul dari kebiasaan hidup. Menurut saya, etika adalah sesuatu peraturan / perilaku tidak tertulis yang mengatur benar atau salah, baik atau buruk dari suatu lingkungan hidup tertentu yang dapat diaplikasikan dalam sebuah media tulis maupun secara tidak tertulis. 

Namun dalam kesempatan kali ini, saya hanya membahas mengenai etika menulis di internet. Dalam penulisan internet terdapat etika-etika standar, yaitu sebagai berikut :
1. Menggunakan bahasa yang baik, jelas, sopan dan dapat dimengerti oleh orang lain, walaupun kita menggunakan bahasa yang tidak resmi seperti bahasa gaul, tetapi haruslah bahasa ini dapat  dimengerti oleh semua pembaca.
2. Memperhatikan tulisan jika ingin berbicara tentang orang lain atau golongan lain, jangan pernah mengandung sesuatu yang dapat menyinggung/mengganggu yang berbeda dari kita, seperti masalah Suku, Adat, Ras dan Agama (masalah SARA) dan pornografi.
3. Jangan pernah membuat tulisan untuk memprovokasi orang lain, apalagi provokasi tersebut untuk keuntungan pribadi. Dan jangan pernah memasukan kata-kata yang memaksa agar orang lain mempunyai pikiran yang sama dengan kita.
4. Ketika harus menyebutkan sebuah nama untuk tujuan / masalah yang belum jelas, pergunakanlah inisial atau jangan pergunakan sama sekali nama orang yang bersangkutan.
5. Data dan fakta yang ada dicantumkan dalam setiap tulisan haruslah objektif, seperti sebuah data real atau hasil penelitian haruslah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya..
6. Mencantumkan semua sumber atas kutipan ide atau kutipan tulisan yang kita ambil dari orang lain. Karena setiap tulisan, baik tulisan internet maupun tulisan lainnya sebenarnya adalah karya cipta orang lain yang harus dihargai.
7. Dilarang keras menjiplak/meniru secara menyeluruh dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan sumber aslinya. Selain itu adalah melanggar hak cipta dari seseorang, menurut saya itu juga berakibat fatal bagi sang penulis karena pembaca akan mempunyai anggapan bahwa sang penulis tidak dapat untuk membuat hasil karya / tidak profesional.
8. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan, minta maaflah kepada semua pembaca. Karena sesuai dengan kata-kata bijak, “meminta maaf tidak akan membuat seorang menjadi hina bahkan sebaliknya”.
Demikianlah beberapa etika yang harus diperhatikan dalam menulis di internet. Kiranya informasi yang saya sampaikan dapat diterapkan dan bermanfaat bagi para pembaca.