Sabtu, 23 April 2011

Pengkoordinasian (Coordinating)

Nama : Hendrickson
NPM : 13410221
Kelas : 1IB02

Pengkoordinasian (Coordinating)

          Pengkoordinasian adalah suatu kegiatan mensinkronkan & menyatukan segala kegiatan dalam organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efektif & efisien.

          Pengkoordinasian merupakan tugas yang sulit dilakukan karena berbagai perbedaan yang ada dalam organisasi, misalnya : perbedaan tujuan individu, waktu, hubungan perseorangan, & lain-lain.

          Biasanya, organisasi menciptakan mekanisme koordinasi tertentu. Menurut Joseph A. Litterer dalam “The Analysis Of Organizations“ ada 3 mekanisme koordinasi, yaitu :
1. Mekanisme hierarki : dimana berbagai kegiatan dihubungkan di bawah satu kekuasaan pusat.
2. Mekanisme administratif : dimana berbagai kegiatan berhubungan dengan pekerjaan yang rutin sifatnya.
3. Mekanisme sukarela : dimana individu atau kelompok melihat adanya kebutuhan, menciptakan program & menerapkannya.

          Mekanisme mana yang dipilih tergantung pada situasi, biasanya dipakai ketiga-tiganya. Sehingga menghasilkan koordinasi, yaitu :
1. Koordinasi berdasarkan rencana
     Biasanya dipakai bila organisasi stabil & keadaan dapat diperkirakan terlebih dahulu.
2. Koorsinasi berdasarkan umpan balik
     Biasanya dipakai bila organisasi atau keadaan tidak stabil, berubah-ubah & tak dapat diperkirakan. Dilaksanakan berdasarkan informasi dari bawahan, dianalisa bersama, diputuskan, diberikan pada bawahan & seterusnya.
3. Koordinasi horizontal
     Koordinasi horizontal merupakan koordinasi antara karyawan satu tingkatan yang berbeda-beda fungsinya.
4. Koordinasi vertikal
     Koordinasi vertikal merupakan koordinasi antara atasan dengan bawahan.

          Bagaimanapun juga koordinasi atau dapat dicapai dengan mudah. Bila sistem komunikasi yang ada dalam organisasi baik. Kemampuan organisasi untuk mengadakan kegiatan yang kompleks tergantung pada cara bagaimana orang mempergunakan sistem komunikasi demi koordinasi & sebaliknya. Makin efisien komunikasi dalam organisasi, maka makin besar toleransi & rasa saling tergantung & bersatu para anggota & semakin mudah komunikasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar