Sabtu, 23 April 2011

Perencanaan (Planning)

Nama : Hendrickson
NPM : 13410221
Kelas : 1IB02

Perencanaan (Planning)
          Perencanaan (planning) adalah
1. Pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi.
2. Penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metoda, sistem, anggaran & standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.

          Rencana-rencana dibutuhkan untuk memberikan tujuan-tujuan organisasi & menetapkan prosedur terbaik untuk pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Di samping itu, rencana memungkinkan :
1. Organisasi bisa memperoleh & mengikat sumber daya - sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujaun-tujuan organisasi.
2. Para anggota organisasi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi yang konsisten dengan tujuan & prosedur organisasi yang terpilih.
3. Kemajuan organisasi dapat dimonitor & siukur secara terus-menerus, sehingga tindakan korektif dapat diambil bila kemajuan organisasi kurang memuaskan.

          Pada akhir tahun 1800-an, Frederick W. Taylor membuat suatu karya yang menjelaskan bahwa ada kecenderungan untuk mengalihkan fungsi perencanaan dari karyawan operasional ke manajer. Walaupun perencanaan tidak dapat sepenuhnya dipisahkan dari kegiatan-kegiatan para karyawan, hal ini merupakan suatu bagian yang terpadu dari jabatan manajer.

          Pada dasarnya, perencanaan kreatif merupakan pekerjaan penentuan faktor-faktor, kekuatan, pengaruh & hubungan-hubungan dalam pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

          Semua fungsi manajemen lainnya sangat tergantung pada fungsi perencanaan, dimana fungsi manajemen lainnya tidak akan berhasil tanpa perencanaan & pembuatan keputusan yang tepat, cermat & kontinyu. Tetapi sebaliknya, perencanaan yang baik tergantung pada pelaksanaan efektif dari fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar